Jumat, 07 November 2008

Ukhuwah Islamiyah

Makna Ukhuwah Islamiyah.
• Menurut Imam Hasan Al-Banna: Ukhuwah Islamiyah adalah keterikatan hati dan jiwa satu sama lain dengan ikatan aqidah.
Hakekat Ukhuwah Islamiyah1. Nikmat Allah (QS. 3: 103)2. Perumpamaan tali tasbih (QS. 43: 67)3. Merupakan arahan Rabbani (QS. 8: 63)4. Merupakan cermin kekuatan iman (QS. 49: 10)
Perbedaan Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Jahiliyah• Ukhuwah Islamiyah bersifat abadi dan universal karena berdasarkan aqidah dan syariat Islam. Ukhuwah Jahiliyah bersifat temporer (terbatas pada waktu dan tempat), yaitu ikatan selain ikatan aqidah (misal: ikatan keturunan [orang tua-anak], perkawinan, nasionalisme, kesukuan, kebangsaan, dan kepentingan pribadi).
Hal-hal yang menguatkan Ukhuwah Islamiyah:1. Memberitahukan kecintaan pada yang kita cintai2. Memohon dido’akan bila berpisah3. Menunjukkan kegembiraan & senyuman bila berjumpa4. Berjabat tangan bila berjumpa (kecuali non muhrim)5. Mengucapkan selamat berkenaan dengan saat-saat keberhasilan6. Memberikan hadiah pada waktu-waktu tertentu7. Sering bersilaturahmi (mengunjungi saudara)8. Memperhatikan saudaranya & membantu keperluannya9. Memenuhi hak ukhuwah saudaranya
Buah Ukhuwah Islamiyah1. Merasakan lezatnya iman2. Mendapatkan perlindungan Allah di hari kiamat (termasuk dalam 7 golongan yang dilindungi)3. Mendapatkan tempat khusus di syurga (15:45-48)
Referensi• Bercinta dan bersaudara karena Allah, Ust. Husni Adham Jarror, GIP• Meraih Nikmatnya Iman, Abdullah Nasih ‘Ulwan• Rahasia Sukses Ikhwan Membina Persaudaraan di Jalan Allah, Asadudin Press• Panduan Aktivis Harokah, Al-Ummah
window.google_render_ad();

UKHUWAH ISLAMIAH
(disampaikan dalam Kajian Islam Interaktif Golden Week KMII-SRIT, 2002)
@
Pengertian dan Hakikat
Manusia adalah makhluk individu sekaligus makhluk sosial. Sebagai makhluk individu ia memiliki karakter yang unik, yang berbeda satu dengan yang lain (bahkan kalaupun merupakan hasil cloning), dengan fikiran dan kehendaknya yang bebas. Dan sebagai makhluk sosial ia membutuhkan manusia lain, membutuhkan sebuah kelompok - dalam bentuknya yang minimal - yang mengakui keberadaannya, dan dalam bentuknya yang maksimal - kelompok di mana dia dapat bergantung kepadanya.
Kebutuhan untuk berkelompok ini merupakan naluri yang alamiah, sehingga kemudian muncullah ikatan-ikatan - bahkan pada manusia purba sekalipun. Kita mengenal adanya ikatan keluarga, ikatan kesukuan, dan pada manusia modern adanya ikatan profesi, ikatan negara, ikatan bangsa, hingga ikatan peradaban dan ikatan agama. Juga sering kita dengar adanya ikatan berdasarkan kesamaan species, yaitu sebagai homo erectus (manusia), atau bahkan ikatan sebagai sesama makhluk Allah.
Islam sebagai sebuah peradaban - terlebih sebagai sebuah din - juga menawarkan bahkan memerintahkan/menganjurkan adanya sebuah ikatan, yang kemudian kita kenal sebagai ukhuwah Islamiah. Dalam Wawasan Al Qur'an, Dr. Quraish Shihab menulis bahwa ukhuwah (ukhuwwah) yang biasa diartikan sebagai "persaudaraan", terambil dari akar kata yang pada mulanya berarti "memperhatikan". Makna asal ini memberi kesan bahwa persaudaraan mengharuskan adanya perhatian semua pihak yang merasa bersaudara.
Sedang makna ukhuwah Islamiah terkadang diartikan sebagai "persaudaraan antar sesama muslim", di mana kata "Islamiah" menunjuk kepada pelaku; dan terkadang juga diartikan sebagai "persaudaraan yang bersifat Islami atau yang diajarkan oleh Islam", di mana di sini kata "Islamiah" difahami sebagai kata sifat.
Dalam kajian ini, kedua makna tersebut saya gunakan sehingga ukhuwah islamiah diartikan sebagai "persaudaraan antar sesama muslim yang diajarkan oleh Islam dan bersifat Islami". Dengan definisi yang 'lengkap' ini, pertanyaan what, who dan how tentang ukhuwah Islamiah ini secara general telah terjawab.
Dalam kaitannya dengan hali ini, Allah berfirman:
Artinya: "Sesungguhnya orang-orang mu'min adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat." (Al Hujurat:10)
Juga di dalam sebuah hadits dari Ibnu Umar ra yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim, Rasulullah saw bersabda:
Artinya: "Orang muslim itu saudara bagi orang muslim lainnya. Dia tidak menzaliminya dan tidak pula membiarkannya dizalimi."
Dari dalil naqli di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa sesama muslim dan juga sesama mu'min adalah bersaudara, di mana tentunya kesadaran terhadap hal ini akan memberikan konsekuensi berikutnya.


Kedudukan dan Peran
Penyebutan secara eksplisit adanya persaudaraan antar sesama muslim (dan mu'min) di dalam Al Qur'an dan Hadits menunjukkan bahwa hal tersebut merupakan sesuatu yang perlu diperhatikan oleh kaum muslimin. Dalam prakteknya, Rasulullah saw juga menganggap penting akan hal ini. Terbukti pada saat hijrah ke Madinah, Rasulullah saw segera mempersaudarakan shahabat Anshor dengan shahabat Muhajirin, seperti Ja'far bin Abi Thalib yang dipersaudarakan dengan Mu'adz bin Jabal, Abu Bakar ash Shiddiq dengan Kharijah bin Zuhari, Umar bin Khaththab dengan 'Utbah bin Malik, dst.
Dari sini kita dapat mengambil pelajaran bahwa sebuah komunitas (bisa berbentuk negara) hanya akan eksis dengan adanya kesatuan dan dukungan elemen-elemennya. Sedang kesatuan dan dukungan ini tidak akan lahir tanpa adanya rasa saling bersaudara dan mencintai. Namun persaudaraan inipun perlu didahului oleh suatu faktor pemersatu, berupa ideologi atau aqidah. Dari sini mungkin kita mulai dapat menarik kesimpulan penyebab aksi-aksi separatisme di tanah air, ataupun lemahnya kekuatan kaum muslimin dewasa ini. Dua komunitas dengan rasa kesatuan yang nyaris hilang.

Ukhuwah juga merupakan salah satu pilar kekuatan (quwwatul ukhuwwah) di samping pilar kekuatan lainnya, seperti kekuatan iman, senjata, dll. Banyak contoh yang menunjukkan kehancuran sebuah komunitas yang disebabkan oleh ketiadaan ukhuwah.

Tahapan Implementasi
Dalam rangka mewujudkan ukhuwah Islamiah - bahkan juga dalam rangka menjalin hubungan dalam maknanya yang umum - ada beberapa tahapan konseptual yang perlu diperhatikan. Secara garis besar tahapan tersebut dapat dibagi menjadi:

Ta'aruf
Ta'aruf dapat diartikan sebagai saling mengenal. Dalam rangka mewujudkan ukhuwah Islamiyah, kita perlu mengenal orang lain, baik fisiknya, pemikiran, emosi dan kejiwaannya. Dengan mengenali karakter-karakter tersebut,
Dalam Surat Al Hujurat, Allah berfirman:
Artinya: "Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal." (Al Hujurat:13)
Ta'aruf ini perlu kita lakukan dari lingkungan yang terdekat dengan kita. Dengan keluarga, dengan lingkungan sekolah atau tempat bekerja, hingga berta'aruf dalam komunitas yang lebih luas, seperti dalam komunitas.

Tafahum
Pada tahap tafahum (saling memahami), kita tidak sekedar mengenal saudara kita, tapi terlebih kita berusaha untuk memahaminya. Sebagai contoh jika kita telah mengetahui tabiat seorang rekan yang biasa berbicara dengan nada keras, tentu kita akan memahaminya dan tidak menjadikan kita lekas tersinggung. Juga apabila kita mengetahui tabiat rekan lain yang sensitif, tentu kita akan memahaminya dengan kehati-hatian kita dalam bergaul dengannya.
Perlu diperhatikan bahwa tafahum ini merupakan aktivitas dua arah. Jadi jangan sampai kita terus memposisikan diri ingin difahami orang tanpa berusaha untuk juga memahami orang lain.

Ta'awun
Ta'awun atau tolong-menolong merupakan aktivitas yang sebenarnya secara naluriah sering (ingin) kita lakukan. Manusia normal umumnya telah dianugerahi oleh perasaan 'iba' dan keinginan untuk menolong sesamanya yang menderita kesulitan - sesuai dengan kemampuannya. Hanya saja derajat keinginan ini berbeda-beda untuk tiap individu.
Dalam surat Al Maidah, Allah berfirman:
Artinya: "Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya." (Al Maaidah:2)
Dalam dalam hadits:
Artinya: "Dan Allah akan selalu siap menolong seorang hamba selama hamba itu selalu siap menolong saudaranya."
Juga dalam hadits Ibnu Umar di atas ("al muslimu akhul muslimi ..."), seterusnya disebutkan bahwa siapa yang memperhatikan kepentingan saudaranya itu maka Allah memperhatikan kepentingannya, dan siapa yang melapangkan satu kesulitan terhadap sesama muslim maka Allah akan melapangkan satu dari beberapa kesulitannya nanti pada hari qiyamat, dan barangsiapa yang meneymbukan rahasia seorang muslim maka Allah menyembunyikanrahasianya nanti pada hari qiyamat.
Dalil naqli di atas memberi encouragement bahkan perintah kepada orang beriman untuk tolong-menolong, yang dibatasi hanya dalam masalah kebajikan dan taqwa. Bentuk tolong-menolong ini bisa dilakukan dengan saling mendo'akan, saling menasihati, juga saling membantu dalam bentuk amal perbuatan. Kalaupun tidak turut berperang, kita dapat ikut menyediakan bekal menghadapi peperangan, misalnya.
Dalam masalah-masalah yang jelas kesalahannya, kita dilarang untuk saling memberikan pertolongan. Contoh ringan yang mungkin pernah kita alami saat masih sekolah, misalnya memberi contekan saat ulangan. Mungkin saat itu kita merasa sungkan untuk menolak memberi 'pertolongan'. Dan contoh yang lebih berat mungkin akan sering kita jumpai seiring dengan semakin dewasanya kita dan semakin kompleksnya permasalahan yang kita hadapi.
Dalam hal ini kita perlu memperhatikan hadits shahih dari Anas bin Malik ra, bahwa Rasulullah saw bersabda:
Artinya: "Tolonglah saudaramu yang berbuat zalim atau yang dizalimi." Aku bertanya, "Ya Rasulullah, menolong orang yang dizalimi dapatlah aku mengerti. Namun, bagaimana dengan menolong orang yang berbuat zalim?" Rasulullah menjawab, "Kamu cegah dia agar tidak berbuat aniaya, maka itulah pertolonganmu untuknya."
Jadi kita seharusnya berterima kasih jika ada yang menegur kita, bahkan mencegah kita dengan kekuatan manakala kita sedang berbuat kesalahan.

Takaful
Takaful ini akan melahirkan perasaan senasib dan sepenanggungan. Di mana rasa susah dan sedih saudara kita dapat kita rasakan, sehingga dengan serta merta kita memberikan pertolongan. Dalam sebuah hadits Rasulullah memberikan perumpamaan yang menarik tentang hal ini, yaitu dengan mengibaratkan orang beriman - yang bersaudara - sebagai satu tubuh.
Dalam hadits:
Artinya: "Perumpamaan orang-orang beriman di dalam kecintaan, kasih sayang, dan hubungan kekerabatan mereka adalah bagaikan tubuh. Bila salah satu anggotanya mengaduh sakit maka sekujur tubuhnya akan merasakan demam dan tidak bisa tidur."
Unsur pokok di dalam ukhuwah adalah mahabbah (kecintaan), yang terbagi dalam beberapa tingkatan:
Tingkatan terendah adalah salamus shadr (bersihnya jiwa) dari perasaan hasud, membenci, dengki dan sebab-sebab permusuhan/pertengkaran. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim, Rasulullah saw bersabda bahwa tidak halal bagi seorang muslim mendiamkan saudaranya selama tiga hari, yang apabila saling bertemu maka ia berpaling, dan yang terbaik di antara keduanya adalah yang memulai dengan ucapan salam. Juga dalam hadits lain yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Rasulullah saw bersabda bahwa ada tiga orang yang shalatnya tidak diangkat di atas kepala sejengkal pun, yaitu seorang yang mengimami suatu kaum sedangkan kaum itu membencinya, wanita yang diam semalam suntuk sedang suaminya marah kepadanya, dan dua saudara yang memutus hubungan di antara keduanya.
Tingkatan berikutnya adalah cinta. Di mana seorang muslim diharapkan mencintai saudaranya seperti mencintai dirinya sendiri, seperti dalam hadits: "Tidak sempurna iman seseorang di antara kamu sehingga ia mencintai saudaranya seperti mencintai dirinya sendiri." (HR muttafaq alaihi)
Tingkatan yang tertinggi adalah itsar, yaitu mendahulukan kepentingan saudaranya atas dirinya dalam segala sesuatu yang ia cintai, sesuatu yang untuk zaman sekarang sering baru mencapai tahap wacana. Patut kita renungkan kisah sahabat nabi dalam sebuah peperangan, di mana dalam keadaan sekarat dan kehausan dia masih mendahulukan saudaranya yang lain untuk menerima air.
Juga contoh yang dilakukan oleh shahabat Anshar, Sa'ad bin rabbi' yang menawarkan hartanya, rumahnya, istrinya yang terbaik untuk dimiliki oleh Abdurrahman bin Auf. Dalam hal ini Abdurrahman bin Auf pun berlaku iffah dengan hanya meminta untuk ditunjukkan jalan ke pasar. Kisah-kisah di atas kalaupun belum mampu kita lakukan, minimal kita jadikan sebagai sebuah motivasi awal untuk sedikit lebih memperhatikan saudara kita yang lain.

Implementasi
Ada banyak contoh kongkrit dari manfaat yang dapat diperoleh dengan adanya ukhuwah berbasis apapun. Sebagai contoh adalah kasus semut Argentina di Eropa. Para pemerhati serangga mengamati bahwa penyebaran semut Argentina di Eropa semakin meluas dan dikhawatirkan akan semakin dominan mengalahkan semut asli Eropa. Setelah diteliti, ternyata penyebaran yang cepat ini disebabkan semut Argentina - yang berada di Eropa - menganggap semut Argentina lainnya yang berasal dari sarang yang berbeda sebagai teman. Berbeda dengan semut Eropa, yang walaupun satu spesies, namun sering terjadi pertempuran antar sarang yang berbeda. Dari sini kita melihat bahwa 'ukhuwah' semut Argentina yang berdasarkan kesamaan species mampu memberikan kekuatan untuk mengalahkan semut Eropa yang hanya memiliki 'ukhuwah' berdasarkan kesamaan sarang.
Pada hewan, persaudaraan sering hanya bertujuan untuk mempertahankan eksistensi dan melanjutkan keturunan. Sedang pada manusia - khususnya bagi muslim, seperti telah disebutkan di atas, hal ini telah disebutkan secara eksplisit di dalam hadits maupun ayat Al Qur'an.
Memperhatikan kondisi umat Islam dewasa ini, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan terkait dengan ukhuwah Islamiyah sebagai berikut:
Kurang idealnya hubungan antar pribadi muslim (skala mikro)
Kalau kita memperhatikan uraian di atas akan kita temui bahwa kita masih jauh dari kondisi ideal. Oleh karena itu kita perlu mencoba meniti tahapan-tahapan dalam mewujudkan ukhuwah Islamiyah di antara umat Islam, khususnya di Jepang ini. Hal ini dapat kita awali dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas interaksi (termasuk interaksi maya melalui internet) dengan saudara kita, sehingga kita akan dapat lebih mengenalnya sebagai tahap awal dari ukhuwah Islamiyah. Terkait dengan masalah ini Hasan Al Bashri pernah berujar, "Bertemu dengan saudara kami lebih aku sukai daripada isteri dan anak kami. Karena keluarga kami mengingatkan kami dengan dunia, sedangkan saudara kami mengingatkan kami dengan akhirat." (Ihya Ulumuddin,2/176)
Untuk itu antara lain kita perlu lebih mengaktifkan organisasi-organisasi lokal keislaman di lingkungan kita.
Walaupun demikian untuk lebih mengefektifkan interaksi tersebut, perlu kita perhatikan nasihat Ibnul Qayyim yang menyebutkan bahwa pertemuan para saudara itu terbagi dua. Yang pertama pertemuan sekedar melepas rindu dan melewati waktu, di mana pertemuan seperti ini lebih banyak bahayanya daripada manfaatnya. Minimal, merusak hati dan menyia-nyiakan waktu. Yang kedua pertemuan para saudara untuk saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran. Dan inilah harta yang paling bermanfaat. (Al Fawaid, Ibnul Qayyim)
Juga kita perlu memperhatikan amalan-amalan ringan yang dapatmeningkatkan kecintaan kita kepada saudara kita, di antaranya dengan:
Menyebarkan salam setiap bertemu
Bermujamalah (berwajah ceria) ketika mendapat nifmat
Berta'ziah ketika ada yang mendapat musibah
Menjenguk orang sakit
Mendo'akan orang bersin
Saling memberi hadiah, dll.
Bercerai berainya umat Islam (skala makro)
Tidak dapat kita pungkiri bahwa umat Islam dewasa ini tidak dalam keadaan bersatu, baik dalam skala internasional maupun dalam skala nasional. Memang keragaman pandangan dan sikap merupakan sebuah keniscayaan bagi kaum muslimin. (bahkan dalam Al Hujurat:10 di atas, perintah "faashlihu baina akhowaikum" memberikan isyarat bahwa dalam kaum mu'min pun masih memungkinkan terjadinya perselisihan). Adanya ikhtilaf dan perbedaan pendapat pun bukanlah sesuatu yang tabu, kecuali dalam masalah yang pokok dan nash-nash yang qath'i dan disepakati (mis: aqidah).
Namun demikian setiap lembaga yang mengusung nilai-nilai Islam (atau orang-orang yang berada dalam lembaga tersebut) seharusnya mampu untuk bekerja sama dalam hal-hal yang telah disepakati, sambil tentunya tetap tidak meninggalkan kewajiban untuk saling menasihati dalam kebenaran dan kesabaran. Hanya dengan hal itulah potensi umat Islam dapat tersalurkan dengan baik untuk memecahkan permasalahan umat yang sangat beragam.
Juga jangan sampai kita terjangkit penyakit ashobiyah, fanatisme terhadap golongan, di mana dalam hal ini Rasulullah saw bersabda:
"Bukan termasuk umatku orang yang mengajak pada ashabiyah, dan bukan termasuk umatku orang yang berperang atas dasar ashabiyah, dan bukan termasuk umatku orang yang mati atas dasar ashabiyah." (HR Abu Dawud)
Keberadaan musuh di luar Islam
Keberadaan musuh di luar Islam adalah sebuah fakta yang tidak perlu ditutup-tutupi. Allah pun telah menyebutkannya dalam Al Baqarah:120 tentang tidak ridhonya kaum Yahudi dan Nasrani terhadap umat Islam, hingga umat Islam meninggalkan diinnya dan mengikuti diin mereka. Dan juga permusuhan syetan yang abadi terhadap keturunan Adam.
Terhadap kondisi yang telah jelas - terang-benderang ini - seharusnya umat Islam tidak ragu-ragu lagi dalam bersikap. Apalagi di dalam tahun-tahun terakhir ini, pertentangan-pertentangan ini sering muncul ke permukaan. Dalam skala dunia, mulai dari muculnya thesis Samuel Huntington tentang bentrokan peradaban hingga yang paling mutakhir adalah pencanangan "War on Terrorism" dengan pemaknaan terorisme yang bias. Lengkap dengan aksi-aksi sepihak di berbagai belahan bumi, seperti di Palestina, Bosnia dan Chechnya. Untuk lingkup nasional pun kita masih tetap prihatin dengan konflik yang terjadi antara lain di Maluku dan Poso, yang mudah-mudahan segera memberikan solusi yang terbaik.
Terhadap kondisi ini banyak yang dapat dilakukan oleh kaum muslimin selain sekedar berdiam diri. Untuk kasus-kasus di mana terjadi penindasan umat Islam kita dapat turut membantu dengan do'a kita, dengan dana kita, atau dengan opini yang berusaha kita bentuk. Sambil tentunya tidak lupa kita memperkuat simpul-simpul kekuatan untuk mencegah penindasan di masa mendatang; kekuatan iman, kekuatan ukhuwah, juga kekuatan pendukung lainnya, seperti persenjataan, ekonomi, dll.

Terakhir saya hanya ingin mengajak kita untuk merenungkan ayat berikut:
Artinya: "Dan Yang mempersatukan hati mereka (orang-orang yang beriman). Walaupun kamu membelanjakan semua (kekayaan) yang berada di bumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka, akan tetapi Allah telah mempersatukan hati mereka. Sesungguhnya Dia Maha Perkasa, lagi Maha Bijaksana." (Al Anfaal:63)
Semoga Allah menyatukan hati-hati kita, menjadikan kita saling mencintai karena Dia; sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi Rasululllah saw bersabda:
"Di sekitar Arsy ada menara-menara dari cahaya. Di dalamnya ada orang-orang yang pakaiannya dari cahaya dan wajah-wajah mereka bercahaya. Mereka bukan para nabi atau syuhada'. Para nabi dan syuhada' iri kepada mereka. Ketika ditanya para shahabat, Rasulullah menjawab, "Mereka adalah orang-orang yang saling mencintai karena Allah, saling bersahabat karena Allah dan saling kunjung karena Allah."
Wallahu a'lam

Efek Kerr/ Kerr effect (DC dan AC)

Efek Kerr DC
Untuk satu materi tidak linier, pengutuban elektris bidang P akan bergantung kepada medan elektrik E :
dimana ε 0 adalah ruang hampa permittivity dan χ ( n ) adalah n -mengorder komponen dari kepekaan elektris dari medium. ":" lambang mewakili produk skalar di antara acuan. Kita dapat menulis hubungan itu dengan tegas; aku komponen untuk vektor P dapat diekspresikan seperti:
dimana i = 1,2,3. Ini adalah sering diasumsikan tersebut P 1 = P x , yaitu paralel komponen ke x dari bidang pengutuban; E 2 = E y dan seterusnya.
Untuk satu sarana linear, hanyalah yang pertama masa dari penyamaan ini adalah berpengaruh nyata dan pengutuban membedakan linearly dengan medan elektrik.
Untuk materi exhibiting satu bukan sepele Kerr pengaruhi, ketiga, χ (3 ) masa adalah berpengaruh nyata, dengan bahkan order memasukkan secara khas putus sekolah sehubungan dengan simetri balikan dari Kerr medium. Pertimbangkan medan elektrik bersih E dihasilkan oleh satu gelombang cahaya dari frekuensi ω bersama-sama dengan satu medan elektrik eksternal E 0 :
dimana E ω adalah amplitudo vektor dari gelombang.
Mengombinasikan ini dua penyamaan menghasilkan satu ekspresi kompleks untuk P . Untuk DC Kerr pengaruhi, kita dapat menelantarkan semua kecuali kondisi linier dan itu di :
yaitu serupa dengan hubungan linier di antara pengutuban dan satu medan elektrik dari satu gelombang, dengan satu tambahan bukan linear masa kepekaan proporsional ke kuadrat dari amplitudo dari bidang eksternal.
Untuk bukan media symmetric (misalnya. cairan), perubahan terimbas ini dari kepekaan menghasilkan satu perubahan di indeks bias pada arah dari medan elektrik:
dimana λ 0 adalah ruang hampa panjang gelombang dan K adalah Telah tetap Kerr untuk medium. Bidang teraplikasi pengaruhi bias ganda pada medium pada arah dari bidang. Satu sel Kerr dengan satu bidang garis melintang dapat tindaki sebagai dengan demikian satu switchable wafe_plate berputar pesawat dari pengutuban dari satu bepergian gelombang melalui ini. Di kombinasi dengan polarizers, ini dapat dipergunakan sebagai satu penutup atau modulator.
Nilai dari K bergantung kepada medium dan akan 9.4×10 -14 mV-2 untuk air dan 4.4×10 -12 m v -2 untuk nitrobenzene.
Untuk Kristal kepekaan dari medium akan di umum menjadi satu tensor dan Kerr mempengaruhi menghasilkan satu modifikasi dari tensor ini.
Efek Kerr AC
Pada optis atau AC Kerr pengaruhi, satu berkas cahaya keras pada satu sarana dapat sendiri sediakan mengatur medan elektrik, tanpa kebutuhan untuk satu bidang eksternal diterapkan. Dalam hal ini, medan elektrik diberikan oleh:
dimana E ω adalah amplitudo dari gelombang seperti sebelum.
Mengombinasikan ini dengan penyamaan untuk pengutuban, dan hanya linear pengambilan kondisi dan itu pada χ (3 ) E ω 3 :
Seperti sebelum, ini menyerupai satu kepekaan linear dengan satu tambahan bukan linear masukkan:
dan sejak:
dimana n 0 = (1 + χ LIN ) 1 / 2 adalah indeks bias linier. Penggunaan satu muatan Taylor sejak χ NL << n 0 2 , ini memberikan satu indeks bias bergantung intensitas (IDRI) dari:
dimana n 2 adalah urutan ke dua indeks bias tidak linier, dan I adalah intensitas dari gelombang. Perubahan indeks bias adalah dengan demikian sebanding ke intensitas dari bepergian cahaya melalui medium.
Nilai dari n 2 secara relatif kecil untuk paling materi, pada order dari 10 -20 m 2 W -1 untuk gelas khas. Oleh sebab itu sorotkan intensitas(irradiances) pada order dari 1 GW Cm -2 (seperti itu itu dihasilkan oleh laser) perlu untuk menghasilkan variasi berpengaruh nyata di indeks bias melalui AC Kerr pengaruhi.
Optis Kerr mempengaruhi daftar muatan sendiri temporally seperti diri modulasi fase, satu diri tahap terimbas dan pergeseran frekuensi dari satu berdenyut cahaya saat ini melaksanakan perjalanan melalui satu sarana. Proses ini, seiring dengan dispersi dapat menghasilkan optis solitons.
Dengan leluasa, satu berkas cahaya keras pada satu sarana akan menghasilkan satu perubahan pada medium indeks bias pemain mimik itu intensitas garis melintang pola dari palang. Antara lain, satu (Gaussian Beam) hasilkan pada satu profil indeks bias Gauss, serupa dengan tersebut satu(gradient_indeks lens). Lantaran ini palang untuk memfokuskan sendiri, satu fenomena dikenal sebagai diri pemfokusan.

Surat to Ayah

Surat Buat Ayah di Syurga
Assalamu’alaikum,…
Ayah.. apa kabar Ayah di sana? Nanda berharap Ayah bahagia di sana bersama orang-orang yang diberi limpahan anugrah nikmat dari-Nya.
Ayah…
Nanda rindu pada Ayah, namun Nanda gak tau gimana caranya tuk bertemu dengan Ayah…
Ayah…
Nanda ingin berbagi cerita pada Ayah, Nanda di dunia ini kesepian tanpa Ayah.
Ayah…
Apakah Allah menyampaikan salam rindu Nanda buat Ayah
Nanda ingin bertemu & dipertemukanNya di surgaNya,
Ayah…
Semua kenangan bersama Ayah selalu terbayang dibenak Nanda,
Nanda merasakan seolah-olah Ayah ada di samping Nanda seperti biasanya, menemani nanda, memberi nasehat serta memotivasi Nanda.
Ayah…
Sebentar lagi kami di sini kan menyambut bulan puasa, kali ini kami tak lagi bersama Ayah, Kali ini kami tak lagi sholat malam diimami oleh Ayah, puasa kali ini, kami tak lagi mendengar taujih dari Ayah
Ayah…
Nanda berharap kita dapat berkumpul lagi kelak, ketika ruh ini terpisah dari jasadnya.
Ayah…
Selama Kau hidup, Kau mengajarkan kami bagaimana mencintai orang tua, terlebih ibu
Selama Kau hidup, Kau jadi contoh buat kami bagaimana perjuangan seorang Ayah memberi nafkah pada anak & istrinya. Kau pria sejati yang setia dan bertanggung jawab.
Ayah…
Nanda yang Ayah kasihi melebihi saudara Nanda yang lainnya, membuat Nanda bangga pada pengorbanan Ayah, Ayah kuliahkan Nanda hingga Nanda sekarang berada di sebuah lembaga Perguruan Tinggi.
Ayah…
Begitu banyak kebaikan yang Ayah sampaikan dengan perbuatan Ayah, meski Ayah gak jadi Ustadz yang ceramah di mana-mana, namun Ayah jadi contoh nyata buat kami tuk taat pada_NYA,
Ayah…
Kesederhanaanmu meski mempunyai banyak hartana namun Kau ga’ mau menampakan kemewahan itu, kelembutanmu meski Kau lelaki yang kuat dan boleh dibilang Kau jagoan namun Kau tetap menangis jika mendo’akan orang tuamu, Keramahanmu yang selalu dikenang oleh teman-temanmu dan orang yang pernah mengenalmu yang membuat mereka juga rindu padamu.
Ayah…
Aku inigin memeluk Ayah, bersimpuh di hadapan Ayah seperti biasa saat-saat kita menyambut ramadhan.
Ayah…
Ku ingin mencium tanganmu yang bekerja keras memberikan nanfkah pada kami.
Ya Alloh…
Tuhan Yang Maha Lembut dan Maha Pengasih
Ku mohon sayangi Ayahku, sebagaimana Dia menyayangi kami.
Ku mohon berikan cintaMu pada-Nya, sebagaimana Dia mencintai kami
Ku mohon lindungilah Dia dari siksa kubur dan dari panasnya api neraka
Ya Alloh…
Tuhan Yang Maha Pengampun
Ampunilah semua dosa-dosanya semasa hidupnya, Karena tak ada satupun yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau Yang Maha Kuasa.
Ya Alloh…
Jadikanlah Nanda anak harapannya yang dapat membahagiakan Dia, meski kini Ayah tlah tiada.
Ya Alloh…
Jadikanlah Nanda anak yang sholeha yang dapat membuatnya tersenyum di sana.
Ya Alloh bimbinglah Nanda memenuhi keinginan Ayah yang terakhir yang Ayah ucapkan sebelum perisahan itu.
Ya Alloh…
Perkenankanlah semua do’a Nanda, karena tiada yang bisa memenuhi permintaan Nanda kecuali Engkau, meski Nanda sadar Nanda adalah hamba yang banyak berbuat dosa dan dzalim terhadap diri ini. Namun, jika bukan Engkau, kepada siapalagi diri yang penuh dosa ini berharap. Karena hanya Engkaulah Yang Berkuasa Mengabulkan semua do’a.Amin


Pontianak, 27 Agustus 2008

Proses Kejadian Manusia

Di dalam Al Qur’an proses kejadian manusia secara biologis dijilaskan secara terperinci melalui firmannya :
“Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia itu dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu kami jadikan daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan ia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka maha suci Allah, Pencipta Yang Paling Baik.” (QS. Al Mu’minuun (23) :12- 14).
Kemudian proses kejadian itu dibagi menjadi beberapa peringkat:
PERINGKAT SATU
NUTFAH : yaitu peringkat pertama bermula selepas persenyawaan atau minggu pertama.dan bermulanya setelah berlakunya percampuran air mani.
Maksud firman Allah dalam surah al insane :2
“Sesungguhnya Kami telah menciptakan mmanusia daripada setetes air mani yang bercampur yang Kami (hendak mengujinya dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadikan ia mendengar dan melihat”
Berdasarkan kepada makna perkataan tersebut maksud ayat diatas ialah sesungguhnya Kami (Allah) menciptakan manusia daripada air mani laki- laki danperempuan. Kemudian daripada nutfah inilah Allah menciptakan anggota- anggota yang berlainan,tingjah lakunya yang berbeda serta menjadikan laki- laki dan perempuan. Daripada nutfah laki-laki akan terbentuknya saraf, tulang,manakala dari nutfa perempuan akan terbentuknya darah dan daging.
PERINGKAT KEDUA
ALAQAH :peringkat pembentukan alaqah ialah pada hujung minggu pertama /hari ketujuh. Pada hari yang ketujuh telur yang sudah disenyawakan itu akan tertanam di dinding rahim. Setelah itu Kami mengubahnutfah menjadi alaqah.

Maksud firman Allah dalam surah Al mu’minun 14
“Kemudian Kami mengubah nutfah menjadi alaqah”
Kebanyakan ahli tafsir menafsirkan alaqah dengan makna segumpal darah. Ini mungkin di buat berasaskan pandangan mata kasar. Alaqah sebenarnya suatu benda yang amat seniyang diliputi oleh darah. Selain itu alaqah mempunyai beberapa makna :
sesuatu yang bergantung atau melekat
pacat atau lintah
suatu buku atau ketulan darah
Peringkat alaqah adalah peringkat pada minggu pertama higga minggu ketiga di alam rahim.
PERINGKAT KETIGA
MUDGHAH : Pembentukan mudghah dikatakan berlaku pada minggu keempat. Perkataan mudghah disebut sebanyak dua kali di dalam al qur’an yaitu surah al-hajj ayat 5 dan surah al-mu’miun ayat 14
Maksud firman Allah dalam surah Al mu’minun 14
“lalu Kami ciptakan darah beku itu menjadi seketul daging”
Diperingkat ini suudah berlaku pembentukan otak, saraf tunjang, telinga dan anggota- anggota yang lain. Selain itu system pernafasan bayi sudah terbentuk. Vilus yang tertanam di dalam otot- otot ibu kini mempunyai saluran darahnya sendiri, darah mulai mengalir dengan lebih banyak lagi kesitu bagi membekalkan oksigen dan pemakanan yang secukupnya. Menjelang tujuh minggu system pernafasan bayi mulai berfungsi sendiri.
PERINGKAT KEEMPAT
IZAM DAN LAHM : Pada peringkat ini yaitu minggu kelima, keenam dan ketujuh ialah peringkat bembentukan tulang yang mendahului pembentukan otot- otot. Apabila tulang belulang telah dibentuk, otot- otot akan membungkus rangka tersebut.

Maksud firman Allah dalam surah Al mu’minun 14
“Lalu Kami mengubah pula mudghah itu menjadi izam dan kemudiannya Kami membalutkan izam dengan daging”
Kemudian pada minggu ketujuh terbentuk pula satu system yang kompleks. Pada tahap ini perut dan usus, seluruh saraf, otak dan tulang belakang mulai terbentuk. Serentak dengan itu system pernafasan dan saluran pernafasan dari mulut kehidung dan juga ke paru-paru mulai kelihatan. Begitu juga dengan organ pembiakan, kelenjar, hati, buah penggang, pundit air kencing dan lain-lain terbentuk dengan lebih sempurna lagi. Kaki dan tangan juga mulai tumbuh. Begitu juga dengan mata, telinga dan mulut semakin sempurna. Pada minggu kedelapan semuanya telah sempurna dan lengkap.
PERINGKAT KELIMA
NASY’AN KHALQAN AKHAR : Pada peringkat ini yaitu menjelang minggu kedelapan, beberapa perubahan lagi berlaku. Perubahan pada tahap ini bukan lagi emberio tetapi sudah masuk keperingkat janin. Pada bulan ketiga, semua tulang janin telah terbentu dengan sempurna, kukunya pun mulai tumbuh.
PERINGKAT KE ENAM
NAFKHUR RUH :Yaitu peringkat peniupan ruh. Para ulama islam sepakat menyatakan peniupan tuh iniberlaku selepas empat puluh hari dan selepas dan selepas terbentuknya organ- organtubuh termasuk organ seks. Ketika di alam rahim perkembanagn mereka bukanlah proses perkembangan fisikal semata- mata tetapi mempunyai hubungan Allah s.w.t melalui ikatan kesaksian sebagai mana yang disebutkan oleh Allah di dalam Al qur’an surah al- A’raf :172
Ungkapan ilmiah dari Al Qur’an dan hadits 15 abad silam telah menjadi bahan penelitian bagi para ahli biologi untuk memperdalam ilmu tentang organ- organ jasad manusia. Selanjutnya para ahli dari barat baru menemukan masalah pertumbuhan emberio secara bertahap pada tahun 1940 dan baru dibuktikan pada tahun 1955, tetapi dalam Al Qur’an dan hadits yang diturunkan 15 abad lalu hal ini sudah tercantum. Sebagaiman yang diungkapkan oleh seorang emberiolog terkemuka dari Amerika yaitu :
Prof. Dr. Keith moore, beliau mengatakan : “Saya takjub pada keakuratan ilmiyah pernyataan Al Qur’an yang diturunkan pada abad ke 7 M itu”. Selain itu beliau juga mengatakan , “Dari ungkapan Al qur’an dan hadits banyak mengilhami para scientist (ilmuan) sekarang untuk mengetahui perkembangan hidup manusia yang diawali dengan sel tunggal (zygote) yang terbentuk ketika ovum (sel kelamin betina) di buahi sperma (sel kelamin jantan).
Sebagai bukti yang kongkrit di dalam penelitian ilmu genetika (janin) bahwa selama emberio berada di dalam kandungan ada tiga selubung yang menutupinya yaitu dinding abdomen (perut)ibu, dinding uterus (rahim), dan lapisan tipis amichirionic (kegelapan di dalam perut, kegelapan dalam rahim, dan kegelapan dalam selaput yang menutup / membengkus anak dalam rahim ). Hal ini ternyata sangat cocok dengan apa yang di jelaskan Allah di dalam Al qur’an :
“…Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan (kegelapan dalam perut, kegelapan dalam rahim, dan kegelapan dalam selaput yang menutup anak dalam rahim)…” (QS. Az Zumar (39) :6)

Ramadhan Messages

Ramadhan Messages

Bismillahirrahmaanirrohiim
Assalamu’alaikum wr..wb….
SMS ini sengajaku koleksi dan kusimpan, saat diri ini merasa lemah, bosan, sedih dll (penyakit hati). Dengan membaca ulang pesan-pesan dari saudaraku ini membuatku termotivasi, terhibur, terjaga (tersadar) dan mencoba terus meningkatkan kualitas diri sebagai hambaNYA, sebagai anak, sebagai murid, sebagai teman dsb
Semoga dapat bermanfaat buat Pembaca yang Budiman

Menjadi “PEMBAHARU” di dalam gelombang permasalahan
Bukanlah kerja sederhana.
Di dalamnya
ada tekad yang harus dijaga,
ada bakat yang terus diasah,
ada kegigihan mendalami ilmu
ada keberanian jiwa & konsistensi
Jika bagi orang lain masalah adalah penghalang
Tapi tidak bagi “PEMBAHARU”
Masalah adalah awal dari bertumbuh
Untuk mencapai manisnya “IMAN”

By : Zulfian (15 Sept 2008)

Ketika…..
Kita meminta pada ALLAH setangkai bunga segar
Tapi… DIA beri kita kaktus berduri
Kita meminta pada ALLAH binatang mungil yang elok
Tapi… DIA beri kita ulat berbulu
Kita kecewa…sedih,… Protes
Betapa tidak adilnya hidup ini
Tapi……
Kaktus itu berbunga, bahkan bunganya sangat indah
Ulat itupun tumbuh dan berubah jadi kupu-kupu yang elok
Itulah jalan ALLAH
Semua akan menjadi indah pada waktunya
DIA tidak beri apa yang kita harapkan
Tapi DIA beri apa yang kita perlukan
Semoga kita menjadi golongan orang-orang yang pandai bersyukur

By: Kak Weny (16 Sept 2008)

Wanita cantik
Melukis kekuatan lewat masalah
Tersenyum saat tertekan
Tertawa disaat hati sedang menangis
Mempesona karena memaafkan
Wanita cantik
Mengasihi tanpa pamrih
Bertambah kuat dalam do’a dan pengharapan
Pesan ini dikirm khusus untuk Wanita cantik kepunyaan ALLAH SWT
Ana Uhibbukifillah

By : Ratna (16 Sept 2008)
Barangsiapa mendengarkan dengan hatinya
Maka sempurnalah pendengarannya
Barangsiapa mendengarkan dengan akalnya
Bearti ia mengerti dan memahami
Barangsiapa mendengarkan dengan jiwa
Maka hal itu cukup baginya

By : Kak Weny ( 18 Sept 2008)

“JIWA” akan sepi tanpa “TEMAN”
“HATI” akan mati tanpa “IMAN”
Hari ini adalah KENYATAAN
Semalam adalah KENANGAN
Esok adalah IMPIAN
Awali pagi ini dengan “SENYUMAN”

By : Suci (18 Sept 2008)

Jika mata adalah cahaya
Maka hati adalah permata
Saat bahagia sirna
Tawa adalah warna
Apabila senyum adalah ibadah
Maka saudara sepertimu adalah anugrah

By : Kak Novi (17 Sept 2008)

Cukuplah ALLAH yang menyemangati Qita
Sehingga tanpa sadar
Tiap peristiwa menjadi teguran atas kemalasan Qita

Cukuplah ALLAH yang memelihara ketekunan Qita
Kerena perhatian manusi terkadang menghanyutkan keikhlasan

Semoga ALLAH menhadikan Qita
Pribadi yang bermakna
Pribadi yang . . . . .
saat berbaur, Ia mampu menyemangati yang lain
dan saat sendiri, Ia mampu menguatkan dirinya sendiri.

By : De2 Irma ( 17 sept 2008)


Sahabatku
Jika hari ini aku terlalu bahagia
Maka sadarkan aku dengan larangan ALLAH SWT
Jika hati ini ku bersedih tanpa kata
Maka bujuklah aku dengan tarbiyah SANG PENCIPTA
Jika ku lemah tak berdaya
Maka ingatkanlah aku dengan kehebatan & keindahan Syurga
Jika antara kita ada tembok yang memisahkan
Maka ajaklah aku untuk meleraikannya segera
Jika pernah hatimu terluka olehku
Maka katakanlah agar aku berubah
Dan jika esok aku terlena tanpa terjaga
Maka iringilah lenaku dengan kalungan doa
Berjanjilah Sahabatku
Ukhuwah kita untuk selamanya

By : Kak Salmah (17 Sept 2008)

Ombak di Pantai tak akan menakjubkan jika tanpa badai
Musik tak kan terdengar indah (merdu) jika tanpa irama
Begitu juga dengan hidup dan jalan dakwah ini
Tak bermakna
Jika kita tidak tertantang untuk menjawab tantangannya

By : De2 Irma ( 16 Sept 2008)

Parcel doa bua saudaraku

Ya ALLAH
Perkayalah Ia dengan ilmu
Hiasi hatinya dengan kesabaran
Muliakan wajahnya dengan ketaqwaan
Peliharalah fisiknya dengan kesehatan
Ya RABB
Istiqomahkan Ia dijalanMU selamanya
Dan pertemukan Ia dengan malam keagunganMU
Lailatul Qadar
Aamiin

By : Bang Toni ( 16 Sept 2008)

Ya ALLAH
Sumber pemberi cinta kepada semua ciptaanNYA
Taburkanlah kasih sayangMU pada saudaraku yang bak ini
Bukakanlah pintu cintaMU kala ia tunduk mengingatMU
Peluklah ia dalam pusaran ridhoMU
Rentangkanlah ampunanMU
Sepanjang ia lintasi hamparan jalan hidupnya
Wujudkanlah harapannya
Dan bebaskan ia dari segala dosa serta kesulitan
Sebagaimana KAU janjikan, seusai ia bersujud
Dan memujiMU
Yang tak pernah henti untuk memohon ampunanMU
By : Fitri ( 15 Sept 2008)

Perjalanan waktu itu sangat mengherankan
Tapi
Lebih mengherankan lagi kelalaian manusia terhadap waktu
Sabar menghadapi masalah itu sulit
Tapi
Hilangnya kesabaran itu lebih sulit lagi akibatnya
Semua yang bias dicapai itu dekat
Tapi
KEMATIAN lebih dekat lagi dari semuanya
( Ali Bin Abi Thalib)

By : Arita (14 Sept 2008)
“Wahai angin subuh”
Sampaikan pesan dan salamku
Pada saudaraku yang ku tahu
Dihatinya penuh dengan kecintaan pada RABBnya
Yang dihatinya bertahta IMAN seperti bak mutiarayang tersimpan baik.
Sampaikan bahwa
Yang terbaikku harap didapatkannya untuk dunia & akhirat
Sampaikan bahwa
Ku harap ia tetap menjaga tali ukhuwah
By : Kak Salmah (15 Sept 2008)

Sahabat
Tadi aku bertemu TAWADHU, SABAR, & TAWAKAL
Mereka bertiga perlu tempat tinggal
Maaf ya, tanpa izinmu aku berikan alamat hatimu
Semoga mereka dapat senantiasa bersamamu
By : Restu ( 15 Sept 2008)

Sesungguhnya para pejuang kebenaran tak akan pernah merugi
Tiap peluhnya menjadi mutiara
Air matanya menjadi cahaya
Lelahnya penebus dosa
Gugurnya bernilai Syuhada
Syahidnya dijamin Syurga
Perbanyaklah berdoa
Semoga kita diberi keKUATan. keISTIQOMAHan, keIKHLASan
Mengemban amanah sesulit apapun
Hingga sampai hidup kata berakhir dengan khusnul khatimah
Atau kemenangan Rabbani dan dakwah digenggaman kita semua
Sekecil apaun peran kita akan ada balasannya
Selamat bertaqarrub denganNYA di bulan yang Istimewa

By : Zulfian ( 19 Sept 2008)

Terlarangkah Wanita tuk menyatakan CINTA

Ya Allah……
Yang menggengam hatiku
Ya Allah
Yang Maha Mengetahui isi hatiku…
Kini ku datang padaMu dengan membawa hatiku yang kian hari kian terluka
Kini ku datang tuk mengobati hati ini, ku ingin berlepas dari semua ini
Ya Allah….
Aku wanita yang begitu mudah terlena dengan perhatian dia
Aku begitu mudah memupuk benih cinta yang 10 bulan ini semakin tumbuh untuknya
Padahal ku tahu, ku sadar cintaku padanya adalah cinta yang terlarang….
Ya Allah…
Aku bingung, harus ke mana lagi ku bawa hati ku agar tak mudah terkena virus cinta semu?????????
Aku bingung harus curhat pada siapa, karena, karena aku kecewa curhat pada makhlukMu, orang yang selama ini kupercayai tuk menyimpan rahasiaku, mengokohkanku, menguatkanku, kini…..
Kini malah makin membuatku semakin terjerembab dalam kebingunganku
Ya Allah…
Ku menyesal begitu terbuai perhatianya
Ku menyesal karena mencintainya, karena cintaku padanya tidak buat ku bahagia
Aku pikir dia adalah pria yang istimewa yang sengaja Kau pertemukan aku.
Aku pikir aku wajar mencintainya
Tapi tenyata ini salah…ini SALAH BESAR
Salah ku telah menyimpannya di hati ini
Tapi …. Mo gimana lagi, ini sudah terlanjur ku jalani.

Ya Allah…
Ku mohon sembuhkan sakit hatiku ini
Ku mohon campakan namanya dari hati & pikirku
Ku mohon cabut rasa cintaku padanya hingga ke akar-akarnya
Aku inigin gapai cintaMu saja
Aku ingin selamanya mencintaiMu saja
Aku ingin punya rasa rindu hanya tuk Mu saja
Aku ingin bahagia karenaMu saja
Aku udah capek mencintai manusia
Aku ingin cintaMU ya Allah
Biarlah…
Biarlah aku menyendiri di dunia ini tanpa cinta yang lain
Asalkan cintaMu tetap hadir di hatiku
Mungkin itu lebih baik, agar ku tak terluka oleh cinta

Ya Allah….
Aku bodoh,,,, Aku jahil,,,, begitu cepat ku buka hati ini tuk mencintainya
Begitu mudah ku jatuhkan harga diriku dihadapanya
Begitu mudah ku mengaguminya
Padahal,,, dia manusia biasa saja.
AMpuni aku ya Allah..
Seharusnya Kaulah Yang pantas berada di hatiku
Seharusnya NamaMulah yang pantas ku sebut dalam ingatanku & ucapanku
Seharusnya KAu lah yang pantas tuk ku puji setiap hati
Seharusnya Kaulah yang pantas ku Syukuri dan ku ucapakan terima kasih
Ampuni Aku ya ALLAh atas dosa besarku ini…. Tanpa sadar ku tlah memposisikanya sebagai TUhan di hatiku,,,, Ampuni aku ya Allah,, sesunggguhnya aku berlindung padamu dari dosa syirik & dari dosa menyekutukanMU dalam cinta.

efek pockel /pockel effect/pockel pengaruh

Pockels pengaruhi
Dari Wikipedia, encyclopedia gratis



Tadinya teks ini menggunakan bahasa Inggris dan sengaja saya translate ke Bahasa Indonesia to teman-teman semua. smga bermanfaat.


Efek pockel(Pockels pengaruhi) , atau optik Pockels Electro akibat, hasilkan bias-ganda pada satu sarana optis dipengaruhi oleh satu telah tetap atau bervariasi medan elektrik . Ini dicirikan dari Kerr pengaruhi oleh fakta yang bias-ganda sebanding ke medan elektrik, sedangkan pada Kerr mempengaruhi ini adalah kwadrat pada bidang. Pockels mempengaruhi terjadi hanyalah di kristal kekurangan itu simetri balikan , seperti itu niobate litium atau arsenide galium dan pada media noncentrosymmetric lain seperti medan elektrik menggalah polimer atau gelas.
Friedrich Carl Alwin Pockels dipelajari akibat yang melahirkan namanya di 1893 .

Sel Pockels
Akibat Pockels biasanya membuat Sel Pockels , yaitu tegangan listrik terkontrol lambaikan lempeng .
Medan elektrik dapat berlaku bagi sarana kristal yang manapun longitudinally atau transversely ke balok cahaya. Kebutuhan bujur sel Pockels electroda bening atau cincin. Kebutuhan tegangan listrik garis melintang dapat dikurangi dengan memperpanjang kristal.
Kelurusan dari poros kristal dengan poros leretan adalah kritis. Misalignment memimpin ke bias-ganda dan ke satu tahap besar mengalihkan ke seberang kristal panjang. Pimpinan ini ke pengutuban gantian kalau kelurusan persis paralel atau tegaklurus ke pengutuban. Satu sel garis melintang terdiri dari dua kristal di orientasi kebalikan, berikan yang satu gelombang zero-order menyepuh ketika tegangan listrik dipadamkan. Ini adalah sering tidak menyempurnakan dan mengapung dengan suhu. Tapi kelurusan mekanik dari poros kristal tidak demikian kritis dan adalah sering selesai oleh tangan tanpa sekrup; sementara misalignment memimpin ke beberapa daya pada tidak benar leretan (yang manapun e atau o-- antara lain, horisontal atau vertikal), berbeda dengan kasus bujur, rugi bukan diperkuat suara melalui panjang dari kristal.
Sel Pockels biasanya berputar pengutuban dari satu palang hantaran.


Dinamis pada sel
Sehubungan dengan relatif tinggi telah tetap dielektrikum dari sekitar 36 medan elektrik kristal mengubah menyebarkan hanyalah dengan c / 6. Cepat bukan serabut sel optik dengan demikian dilekatkan ke dalam satu jalur transmisi dicocokan. Meletakkan ini pada akhir dari satu pimpinan jalur transmisi ke pemantulan dan waktu perangkaian digandakan. Sinyal dari pengarah dipisahkan ke dalam paralel menggaris yang memimpin terhadap keduanya akhir dari kristal, ketika mereka bertemu pada kristal tegangan listrik mereka tambahkan. Sel Pockels untuk optika serat bolehkan pekerja satu desain gelombang bepergian untuk mengurangi kebutuhan arus dan kecepatan peningkatan.
Kristal yang dapat dipakai juga menunjukkan efek piezoelektrik untuk beberapa derajat( RTP punya paling rendah, BBO dan niobate litium adalah tinggi), setelah satu gelombang suara perubahan tegangan listrik awal menyebarkan dari sisi dari kristal ke pertengahan. Ini tidak penting untuk pemetik berdenyut, tapi untuk Windows gerbong barang. Menjaga ruang di antara cahaya dan rupa dari kristal perlukan lebih besar untuk waktu penahan lebih panjang. Di belakang gelombang suara tempat tinggal kristal diubah bentuk pada posisi keseimbangan untuk medan elektrik tinggi. Peningkatan ini pengutuban. Sehubungan dengan tumbuh dari mempertentangkan volume medan elektrik pada kristal di depan gelombang banyak linearly, atau pengarah yang harus menyediakan satu kebocoran arus telah tetap.

Elektronik pengarah
Pengarah harus bertahan tegangan listrik digandakan kembali ke ini. Sel Pockels menyikapi seperti satu kapasitor . Ketika menukarkan ini ke tegangan tinggi ketinggian beban diperlukan; alhasil, 3 ns menukarkan memerlukan sekitar 40 satu untuk satu 5 bukaan mm. Kabel lebih pendek mengurangi sejumlah tertagih memboroskan ke dalamnya.
Pengarah mungkin mempekerjakan banyak sekali transistor menghubungkan paralel dan serial. Transistor sedang mengapung dan memerlukan pengasingan DC untuk gerbang mereka. Sehingga yang manapun sinyal gerbang adalah mengirimkan melalui serabut optis atau gerbang dipandu oleh satu besar trafo dengan ganti-rugi saksama untuk umpan balik cegah alunan.
Pengarah mungkin mempekerjakan satu air terjun kecil transistor dan satu trioda. Pada satu klasik, sirkuit komersil transistor terakhir adalah satu IRF830 Mosfet dan trioda adalah satu trioda Eimac Y690. Susunan dengan trioda tunggal punya kapasitas paling rendah, ini bahkan membenarkan memadamkan sel dengan menerapkan tegangan listrik ganda. Satu penghambat memastikan arus kebocoran diperlukan oleh kristal dan kemudian untuk menyetrum kembali kapasitor penyimpanan. Y690 menukarkan sampai 10 kV dan katoda menyampaikan 40 satu kalau panggangan berada di atas + 400 V. Dalam Hal Ini arus panggangan adalah 8 satu dan impedans input adalah dengan demikian 50 Ohm, cocokan yang standar kabel sesumbu , dan Mosfet dapat dengan demikian menempatkan sedikit. Beberapa 50 Ohm dibelanjakan pada satu penghambat tambahan yang menarik penyimpangan pada - 100 V. IRF dapat bertukar 500 Volt. Ini dapat menyampaikan 18 satu berdenyut. Ini memimpin fungsi sebagai satu induktans, satu kapasitor penyimpanan dipekerjakan, 50 kabel membujuk Ohm dihubungkan, Mosfet Yang punya satu daya tahan internal, dan pada akhirnya ini adalah satu dengan kritis kuyup RLC kitari , yaitu ditembak oleh satu berdenyut ke gerbang dari Mosfet.
Gerbang perlukan 5 v berdenyut (jangkauan: +-20 V) sementara diperlengkapi dengan 22 nC. Dengan demikian keuntungan saat ini dari transistor ini adalah yang pertama untuk 3 ns menukarkan, tapi ini masih mempunyai keuntungan tegangan listrik. Dengan demikian ini dapat secara teoritis juga dipergunakan di gerbang umum konfigurasi dan tidak di sumber umum konfigurasi. Transistor, tukarkan yang 40 v secara khas lebih cepat, sehingga pada langkah sebelumnya satu keuntungan arus adalah kemungkinan.
Kemudian di situ masalah kecil, itu IRF menyampaikan satu berdenyut negatif, tapi Y690 memerlukan satu berdenyut positif, yaitu diselesaikan oleh satu trafo.

Ilmu Administrasi

BAB I

ILMU ADMINISTRASI

Ilmu administrasi adalah cabang atau kesatuan atau disiplin ilmu social yang secara khas mempelajari “administrasi” sebagai salah satu fenomena masyarakat modern.

Sedangkan yang dimaksud dengan “ADMINISTRASI” adalah sesuatu yang terdapat di dalam suatu organisasi modern dan yang memberi hayat kepada organisasi tersebut sehingga organisasi itu dapat berkembang , tumbuh dan bergerak.

Sebuah ADMINISTRASI itu ada disebabkan oleh seorang yang di sebut ADMINISTRATOR. Administrator itu sendiri ialah “setiap Kepala Organisasi”.

Cara-cara administrator menjalankan administrasi adalah sebagai berikut

1. mengembangkan Organisasi

2. mengembangkan Sistem Informasi (terutama Tata Usaha)

3. mengembangkan Sistem Menagement dan,

4. mengembangkan Sistem Operasi

Administrasi dan Administrator itu tidak berdiri sendiri, akan tetapi merupakan konsekuesi atau akibat-lanjut daripada setiap orang atau pejabat atau badan yang mempunyai “tugas” yang harus dilaksakan saecara terus- menerus untuk jangka waktu yang cukup lama.

Misalnya, seorang yang menjabat sebagai PEMERINTAH. Tugasnya adalah Pemerintahan. Pemerintahan adalah kegiatan- kegiatan politik untuk dan atas nama NEGARA. Di dalam rangka itu, maka pemerintahan menentukan politik, membuat berbagai peratuan perundang-undangan, membina masyarakat Negara, menjalankan kepolisian, menyelesaikan persengketaan- persengketaan. Untuk itu, Pemerintahan membuat peratuan- peratuan, menetapkan kebijaksanaan- kebijaksanaan, dan mengmbil keputusan- keputusan.

Mengatur dan menjalankan pelaksanaan serta penyelenggaraan dari apa yang menjadi kehendak atau keputusan pemerintah tersebut diatas adalah ADMINISTRASI NEGARA, di mana Pemerintah sendiri merangkap sebagai ADMINISTRATOR.

Dari rujukan di ataslah beberapa ulasan singkat tentang apa yang dimaksud dengan ADMINISTRASI.

Ilmu Administrasi adalah salah satu cabang ilmu social yang paling muda, lahir pada akhir abad ke- 19 dengan karya Henri Fayol ( 1841- 1925), seorang sarjana Prancis, yang pertama melihat adanya prinsip- prinsip universal yang berlaku bagi Administrasi.

A. Masyarakat Modern

Masyarakat modern, dapat diartikan sebagai masyarakat yang pola-pola dan tata cara kehidupan ditentukan oleh sekelompok warga-warganya yang berpikir dan hidup secara rasional, artinya memakai perhitungan matematik dan kalkulasi, melakukan planning, budgeting, dan programming, mempergunakan sistem, logika, dan pola-pola tata tertib, mempergunakan mesin-mesin, instalasi-instalasi, dan pesawat-pesawat dan sebagainya, pokoknya.

Masyarakat modern merupakan suatu konstruksi akademis belaka, dengan memakai sebagai kriterium.penentuan bentuk-bentuk serta prosedur-prosedur kehidupan masyarakat.

Bapak daripada Ilmu Administrasi adalah seorang Prnacis bernama Henri Fayol (1841-1925).

BAB III

PROSES MODERNISASI INDONESIA

Di dalam masyarakat nonmodern sumber-sumber pikiran daripada nilai-nilai, norma-norma, asas-asas, dan tata hubungan adalah adat dan agama. Sedangkan masyarakat modern adalah orang yang lebih banyak sumber pikiran pada Konstitusi Negara, UU, AD dan ART, Perjanjian, ilmu pengetahuan dan perhitungan teknologi modern.

Di dalam masyarakat modern sumber moral adalah hukum, etika, etiket, dan filosofi yang ditunjukkan melalui sikap disiplin. Banyaknya kegagalan organisasi disebabkan oleh kurangnya disiplin pengurusnya kepada AD dan ART yang kemudian ditiru oleh para anggotanya.

Setiap organisasi akan memerlukan administrasi untuk memimpinnya, mengarahkannya, dan mengendalikannya.

Rasionalisme dan cara brpikir rasional membuat orang mempunyai pandangan yang berbeda mengenai alam sekeliling dan mengenai kehidupan di dunia ini daripada orang yang tidak pernah berpikir secara rasional.

Ilmu pengetahuan sebagai system atau metodologi itu mempunyai tiga fungsi yaitu :

  1. Sistem untuk memperoleh pengetahuan baru
  2. Sistem untuk menguasai pengetahuan-pengetahuan tertentu.
  3. Sistem untuk menghadapi, menyempurnakan, dan memecahkan masalah-masalah praktek kehidupan.

Dengan demikian, maka dapat dikatakan bahwa setiap cabang atau disiplin ilmu itu terdiri atas tiga bagian yaitu; filosofinya, teori-teorinya dan praktek-prakteknya.

BAB IV

MODERN DAN CARA BERPIKIR RASIONAL

4 Cara Berpikir Rasional

Cara berpikir rasional adalah inti daripada ilmu pengetahuan modern. Inti daripada rasionalisme adalah sikap yang hanya hendak mengakui Ratio sebagai penguasa atau piranti tertinggi daripada diri kita untuk menjawab semua pertanyaan dan persoalan mengenai dunia realitas yang kita hadapi ini.

Cara berpikir rasional itu dapat dikatakan adalah cara berpikir manusia yang keenam, yaitu berpikir secara intelek.

Ada lima cara berpikir manusia secara normal, yaitu:

1. Ngelamun yaitu berpikir autistic, seseorang mengalami atau melihat gambaran atau ide-ide di dalam alam pikirannya.

2. Mengingat, yakni berpikir dengan cara mencoba mengingat kembali suatu kejadian.

3. Imajinatif, yakni berpikir yang dilakukan untuk menghasilkan karya-karya baru.

4. Mengakali, yakni berpikir untuk menyiasaiti agar mendapat solusi.

5. Percaya, yakni berpikir yang digunakan seseorang saat berbicara atau saat ditanya tentang pendapatnya.

Berpikir secara rasional ( = berpikir secara modern) adalah berpikir secara mengolah data dengan menjawab tiga pertanyan, yaitu apa itu? yakni berpikir untuk tahu. Bagaimana itu? yakni berpikir untuk menilai. Apa yang harus diperbuat? Adalah berpikir secara praktis.

Data adalah unsur-unsur untuk merumus bagian-bagian daripada dunia realitas melaui panca indera. Ada tiga macam data yaitu data kualitatif, data kuantitatif dan data nominatif.

Sumber pengetahuan itu ada dua yaitu; ratio (pikir) dan pengalaman.

Melatih diri untuk berpikir secara rasional adalah sebagai berikut:

1. Kita harus sadar bahwa apa yang dapat dijawab melalui berpikir secara rasional adalah problema-problema ( pertanyaan-pertanyaan) mengenai dunia realiatas. Yang bersifak konkrit atau abstrak.

2. Kita harus menerima, bahwa yang dapat dipikirkan mengenai dunia realitas itu hanya tiga pertanyaan saja. (apa itu?, bagaimana itu? dan Apa yang harus ku perbuat?

Berpikir secara rasional pada hakikatnya adalah berpikir secara mengolah data dalam arti yang sangat luas dan dipadukan dengan cara berpikir manusia lain.

BAB V

SEJARAH ASAL USUL ADMINIASTRASI

Istilah dan pengertian Administrasi yang kita kenal sekarang di Indonesia berasal dari Eropa Barat atau Eropa Kontinental melalui periode penjajahan Belanda.

Sumber daripada ilmu pengetahuan modern itu adalah filosofi Yunani klasik dan sumber teknologi modern adalah teknologi Romawi.

Bangsa Romawi yang mengembangkan filosofi, ilmu pengetahuan, hukum, sistem politik, system pemerintahan, sistem administrasi dan teknologinya sendiri hingga menjadi peradaban dan kebudayan bangsa-bangsa Eropa Barat selama lima belas abad hingga sekarang.

Negara Romawi yang beribukotakan Roma dan Negara yang sangat besar dipersatukan melalui:

  1. Kesatuan hukum
  2. Kesatuan bahasa
  3. Sistem Pemerintahan
  4. Sistem Administrasi

Setiap unit organisasi merupakan suatu kesatuan harta kekayaan dan personil dan diurus serta diselenggarakan sedemikian rupa sehingga masing-masing merupakan administration atau unit administrasi.

Administrator yang memimpin suatu administratio atau unit organisasi bertanggung jawab kepada pemilik ( Magister) yang memberikan tugas, kewajiban dan pengarahan-pengarahan kepadanya.

Untuk menggerakkan personil di dalam rangka melakukan kegiatan-kegiatan organisasi yang dipimpin, maka Administrator melakukan administri, yang berarti : memimpin, mengemudikan dan mengatur. Dengan demikian, maka Administrator menjalankan administration, yang berarti pemberian bantuan (kepada Majikan, atasan, pengusaha, pemilik).

Istilah Administrator adalah direktur, direksi, adminitrateur, berstuurder dan sebagainya. Yang melakukan administro saja disebut : gerant (Manager), leiter fuhrer (jerman), leider, beheerder (belanda).

Company Management adalah direksi perusahaan, company manager adalah direktur perusahaan.

BAB VI

ADMINIASTRASI DAN MANAGEMENT DI INDONESIA

Istilah administrasi lebih popular di Indonesia daripada management. Menurut Belanda Administrasi merupakan suatu pengertian yang mencakup tata usaha. Dengan demikian jika orang Belanda berbicara tentang keberesan administrasi yang dimaksud adalah keberesan tata usaha.

Kita di Indonesia mengembangkan kemampuan administrasi, yang terdiri atas:

Ø Kemampuan organisasi

Ø Kemampuan top management

Ø Kemampuan tata usaha

Ø Management (baik dalam arti keterlaksanaan maupun pengelolaan) dan;

Ø Kemampuan operasiopnal (menghasilkan barang, informasi, atau jasa sesuai dengan apa yang didesain, direncanakan, ditetapkan dan sebagainya.